Beternak Ayam Mutiara Yang Menguntungkan


oleh: laras
Pengarang : UKM
Pelihara+ayam+mutiara.JPG

Ayam mutiara (Guiena Fowl) merupakan unggas yang banyak dikembangbiakkan sebagai hewan hiasan. Karena Ayam mutiara memiliki bentuk tubuh dan warna bulu menarik untuk dilihat. Bulu-bulunya dihiasi dengan bintik-bintik seperti mutiara. Karena merupakan unggas hias, maka harga ayam mutiara lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga ayam konsumsi. Harga ayam mutiara bervariasi tergantung daerah masing-masing, berkisar antara 200 sampai 300 ribu satu pasang. Dengan makanan dan model pemeliharaan yang hampir sama dengan ayam kampung, bisnis budi daya ayam mutiara memiliki prospek yang lebih baik dan menguntungkan. Ayam mutiara sendiri banyak dijual dan dipasarkan di pasar burung.

Jenis Ayam Mutiara
Ayam mutiara memiliki banyak jenis yang dibedakan menurut warna-warna bulunya antara lain pearl (abu-abu), putih, Royal Purple, Violet, Coklat. Lavender dan lain-lain. Dalam perkembangannya ayam mutiara banyak dihasilkan oleh hasil cross-breeding antara ayam mutiara yang asli dengan ayam lain, sehinga ragam jenis ayam mutiara semakin banyak.

Ayam Mutiara Dewasa

Habitat Hidup Dan Model Kandang Ayam Mutiara

Ayam mutiara sebenarnya sebenarnya merupakan keluarga Burung (Aves) bukan ayam walau kemudian dikenal dengan nama Ayam Mutiara. Ayam ini berasal dari daratan Afrika yang di habitat aslinya hidup bergerombol pada sabana dan semak-semak. Meski dari kelompok burung, ayam mutiara tidak suka terbang tinggi dan lebih suka mencari makan di padang sabana. Karena itu dalam membudidayakan ayam mutiara model tempatnya bisa dibuat seperti halnya di alam aslinya.

Model kandang dibuat seperti kandang ayam pada umumnya, tetapi jika siang hari dilepas pada halaman/lahan terbatas yang tersedia pasir dan rumput. Selain itu kandang dan tempat bermain ayam mutiara harus cukup terkena sinar matahari agar bulu-bulu indah dan tidak lembab. Jika tersedia, ayam mutiara lebih suka tidur pada malam hari pada tempat yang tinggi, karena itu pemberian tempat bertengger pada kandang sangat baik. Dengan tidur bertengger, ayam mutiara menjadi lebih sehat dan tahan terhadap penyakit.

Kandang ayam mutiara dewasa dengan ayam mutiara anakan juga berbeda, ayam mutiara dewasa relatif tahan terhadap perubahan suhu lingkungan. Akan tetapi pada ayam mutiara anakan diperlukan suhu ruangan yang cukup hangat karena bulu-bulunya belum cukup melindungi dari suhu dingin pada malam hari.

Karena itu kandang yang cocok adalah kandang box yang diberi penghangat menggunakan lampu listrik. Pada pagi hari anakan mutiara perlu dijemur agar sehat dan kandang tidak lembab.

Menetaskan Ayam Mutiara

Salah satu cara mendapatkan ayam mutiara adalah dengan menetaskan dari telur, dengan membeli telur dan menetaskan sendiri kita lebih bisa mengamati perkembangan ayam sejak usia dini. Tetapi cara ini membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Cara menetaskan ayam mutiara bisa dilakukan dengan indukan ayam mutiara, indukan ayam kampung, entok dan dengan mesin tetas. Telur ayam mutiara yang sudah dibuahi akan menetas dalam waktu 28 hari. Konon ada perbedaan waktu menetas tergantung cross-breeding dengan ayam jenis apa.

Setelah telur ayam mutiara menetas, tempakan pada ruangan yang cukup hangat dengan diberi lampu penghangat. Anakan ayam mutiara mirip dengan anakan ayam kalkun, sehinga agak sulit dibedakan. Setelah muncul bintik-bintik mutiara mulai dapat dengan mudah dibedakan dengan ayam kalkun. Pada usia dewasa ayam mutiara jantan sulit dibedakan dengan ayam mutiara betina, sehingga perlu kejelian dan pengalaman untuk membedakannya.

Anakan Ayam Mutiara

Makanan Ayam Mutiara

Pada dasarnya ayam Mutiara merupakan hewan omnivora atau bisa memakan apa saja. Di alam aslinya ayam mutiara memakan rumput, daun-daunan, serangga, cacing dan lain-lain.

Untuk budi daya di rumah bisa diberikan makanan sisa nasi, bekatul, sisa sayuran dan makanan apa saja. Di dalam budi daya ayam mutiara secara intensif pemberian makanan disesuaikan dengan kebutuhan gizi setiap harinya dan perlu dihitung secara detail. Kebutuhan gizi dapat dipenuhi dengan memberikan konsentrat, sayur-sayuran, bekatul dan lain-lain.

Seperti halnya beternak ayam jenis lainnya, pola pemberian makanan ayam mutiara berbeda-beda dalam setiap usianya. Pola pemberian makanan ayam mutiara anakan lebih banyak mengunakan konsentrat untuk starter, yang mengandung peotein tinggi. Pada usia perkembangan diberikan makanan dengan kandungan konsentrat untuk grower dan pada usia dewasa lebih banyak makanan yang memicu telur dan keindahan tubuh.

Sumber: shvoong
Gambar: wartafotomukmin.blogspot.com

About these ads
Comments
18 Responses to “Beternak Ayam Mutiara Yang Menguntungkan”
  1. Denuzz BURUNG HANTU mengatakan:

    waduuh … jadi ingin melihara nih ayam …
    tapi bisa dapat dimana nih bibitnya???? …
    denuzz belom pernah liat orang yang jualnya …. huh ….

    o …ya … ada kuis tuh di sarang BURUNG HANTU …
    ikutan ya …
    Salam BURUNG HANTU …

  2. Sugeng mengatakan:

    Dilihat dari bulunya koq bagus sekali, namun kalau memang mau berniat komersil bertenak ayam mutiara ini apa juag berprospek besar :?: karena koq masih jarang oran yang kenal.
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  3. SITI FATIMAH AHMAD mengatakan:

    Assalaamu’alaikum Zulfa.

    Unggas yang menarik, cantik dan punyai nilai komersial yang tinggi jika tahu menggunakan peluang untuk menjadikannya sebagai satu bidang usahawan yang berjaya.

    Inilah perama kali saya melihat ayam mutiara. Apakah kalau dia mengerbangkan sayapnya, ia seperti rupa burung merak ya mas ? kalau ada fotonya sebegitu, akan tampak menyerlah lagi keindahan bulu2 mutiaranya itu.

    Salam aidil fitri dari saya di Sarawak.

    • Kelabang's Blog mengatakan:

      Antara ayam mutiara sama merak berbeda jauh, kalau merak emang bagus banget, tapi tentunya harganya tinggi dan perawatannya ribet. Sedang ayam mutiara, relatif agak murah, dan perawatan pun mudah, sama seperti ayam biasa.

  4. cahyo mengatakan:

    Baru tau ada ayam mutiara. Jadi ingin pelihara. Trims infonya.

  5. اسوب سوبرييادي mengatakan:

    subhanallaah….
    peluang nih….
    *mikir

  6. Jadi ingat saudaraku bilang, tempo hari ada tetangganya yang kehilangan ayam yg harganya per ekor 8-10 juta rupiah. itu ayam apa ya?

  7. Kelabang's Blog mengatakan:

    Kira2 sih ayam aduan, kalau ayam itu untuk bisa mahal perlu perjuangan, apalagi hal itu gak diperbolehkan oleh agama.
    Kira2 aja sih..

  8. z4nx mengatakan:

    ada juga ayam jenis gini ya..jadi pengen liat aslinya

  9. ester mengatakan:

    apakah jenis ayam ini dapat dipelihara di berbagai iklim di indonesia atau tidak?
    jika tidak iklim berapa kita bisa memelihara ayam jenis ini?

  10. Kelabang's Blog mengatakan:

    Semua iklim bisa, di mana2 udah ada, cuma adanya baru sedikit, dalam arti cuma dipelihara sendiri, tidak sampai diternak.

  11. ade kurnai mengatakan:

    dimana saya bisa mendapatkan ayam mutiara

  12. antodian mengatakan:

    sangat bagus sekali artikel mengenai ayam mutiara ini, o ya gan nitip pesan bilaa ada yang butuh mesin tetas sila ke 085230437283 trims ya gan

  13. Yudi mengatakan:

    Unggas ini termasuk kategori unggas hias atau unggas pedaging?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: