4 Tipe Pebisnis Gagal


leaderlogo1.gif
Gambar: drrazi.wordpress.com

Menjadi pemimpin yang sukses dalam sebuah bisnis dapat muncul dengan mengetahui ciri-ciri pemimpin yang gagal. Seperti yang akan anda akan temukan, setiap pemimpin memiliki gaya dan bakat yang berbeda-beda. Dengan begitu, tidaklah penting untuk kita meniru gaya orang lain, karena setiap individual itu unik. Yang lebih penting adalah mengolah gaya anda sendiri dan menghindari karakteristik umum yang mengarah pada kegagalan. Dalam artikel ini saya ingin meninjau empat tipe orang yang akan gagal dalam memulai bisnis kecil .

Tipe pertama bisa kita juluki sebagai Tuan Penakut. Dia adalah tipe orang yang mudah menyerah ketika menghadapi tantangan atau hambatan sekecil apapun. Bagaimanapun, Tuan Penakut adalah orang yang berbakat, memiliki gagasan bisnis yang bagus dan memperhatikan hal-hal yang memang perlu diperbaiki atau hal-hal yang hilang. Sebaliknya, ketakutan menguasai orang ini dan dia takut untuk berbicara atau mengambil tindakan. Perilakunya adalah dia tidak akan pernah bisa mencapai banyak hal meskipun dia telah berusaha. Dia sering sekali takut akan kegagalan dan menjadi bahan tertawaan banyak orang. Karena dia tidak percaya bahwa dia bisa berhasil, pada akhirnya dia selalu mengasihani dirinya sendiri.

Tipe kedua adalah Tuan Kritik. Tuan Kritik berlawanan dengan Tuan Penakut dan tidak takut untuk mengutarakan pendapatnya. Dia tipe orang yang selalu memperhatikan kesalahan orang lain dan mematikan ide apapun. Anda akan sering mendengar Tuan Kritik berkata “ Itu tidak akan berhasil dan sia-sia”, tetapi dia tidak akan pernah mempunyai solusi yang masuk akal untuk masalah yang ada. Di dalam tim, dia akan membawa kenegatifan yang memperlambat proses dari perkembangan yang nyata.

Tipe ketiga dikenal sebagai Tuan Pemimpi. Tuan Pemimpi selalu mempunyai target yang tinggi yang patut dikagumi. Anda mungkin mendengarnya berkata, saya ingin memulai bisnis jutaan dollar atau saya ingin menjadi seorang pengacara. Di sisi lain, dia tidak pernah mengambil langkah untuk mewujudkan target- targetnya. Dia tidak pernah mendisiplinkan dirinya sendiri dan mengambil langkah nyata untuk maju.

Akhirnya, tipe keempat adalah yang paling unik. Orang ini bisa dipanggil Tuan Terlalu Optimis. Dia adalah orang yang selalu penuh dengan energi positif dan aksi proaktif. Ini adalah kualitas yang bagus. Namun, kelemahannya muncul ketika dia terlalu bersemangat yang menyebabkan dia berlaku tanpa berpikir. Dia tidak melihat pada akar masalah dalam merencanakan sebuah tindakan. Setiap kegagalan menurut dia adalah akibat dari tidak adanya tindakan dan oleh karena itu karakternya mengarahkan dia pada situasi yang tidak menguntungkan dan sulit.

Seperti yang sudah kita lihat, empat orang ini mempunyai sifat yang positif. Di sisi lain, mereka menghadapi halangan nyata yang menghambat mereka dari kesuksesan. Anda mungkin tidak termasuk dalam satu kategori khusus dari orang-orang ini tetapi mungkin memiliki kesamaan dengan mereka. Jika memang itu yang terjadi, berusahalah untuk menghindari karakteristik yang membatasi ini dan kembangkan gaya kepemimpinan anda sendiri.

Sumber: Bisnis Kecil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: