Bisnis Minuman Kesehatan Teh Rosella


mstory-Rosela-dalam.jpg

Suhendra : detikFinance

Tanaman rosella sudah banyak dikenal sebagai tanaman yang berkhasiat mengobati hipertensi, diabetes maupun kolesterol. Namun tak banyak orang yang tahu tanaman rossela kini sudah menjadi bisnis minuman olahan sejenis teh yang dikembangkan secara kemitraan.

Bayu Joko Waluyojati (50 tahun), seorang lulusan sarjana ekonomi mencoba keberuntungannya dengan mengembangkan usaha kemitraan minuman teh rosella sejak beberapa tahun lalu. Ide awal bisnisnya ternyata terinpirasi dari menggeliatnya permintaan bunga rosella ke Jepang sedangkan di dalam negeri belum banyak dikembangkan. “Waktu di Surabaya saya dapat informasi rosella diekspor mentah-mentah ke Jepang, 10 kontaiter per minggu dari Surabaya, di Jepang rosella untuk obat,” kata Bayu kepada detikFinance beberapa waktu lalu.

Dari situlah ia mencoba mengembangkan informasi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) maupun kampus Universitas Airlangga. Hasilnya mengejutkan, kembang rosella memang sangat berkhasiat mengobati penyakit-penyakit organik seperti darah tinggi, kolesterol, kencing manis, asam urat dan lain-lain.

Menurutnya masyarakat di wilayah Sumatera sudah akrab dengan kembang rosella yang dipakai sebagai bumbu dapur sedangkan di wilayah Jawa digunakan sebagai manisan. Bahkan di lokasi-lokasi pabrik gula di Jawa, tanaman rosella sering dijumpai. “Rosella tahun 2007 sempat booming. Sayangnya banyak orang yang mencederai dengan menjual produk daur ulang maka setelah itu pamor rosella sempat jatuh lagi,” katanya.

Meskipun begitu, pada tahun 2008 ia nekad mulai mengembangkan usaha kemitraan kembang rosella yang ia sulap menjadi minuman populer teh rosella. Saat ini setidaknya sudah ada 15 mitra yang bergabung diantaranya 12 outlet di Jakarta, 1 outlet di Pekan Baru, 1 outlet di Cilegon dan 1 outlet di Batam. “Ada paket yang bisa diperoleh mitra yaitu paket Rp 3 juta atau Rp 4 juta plus teh hijau rosella,” katanya.

Bagi mitra yang bergabung dengan berinvestasi Rp 3 juta, akan mendapatkan fasilitas antara lain: meja display lengkap, satu termos es, satu dispenser dan tutupnya, dua seragam, 100 buah gelas untuk promosi dan 100 paket gelas teh kering untuk promosi.

Ia menuturkan berdasarkan pengalaman mitra-mitranya yang sudah bergabung, balik modal bisa terjadi 2-3 bulan saja, dengan rata-rata penjualan 80-100 gelas per hari. Bayu menyarankan lokasi-lokasi yang cocok antara lain pasar tradisional, mal, sekolahan, kantin umum, bahkan lokasi-lokasi di rumah sakit. “Lokasi bisnis ini yang penting yaitu arus lintas orangnya tinggi dan pengelolaannya. Saran saya nggak bisa sampingan harus ditangani secara langsung,” katanya.

Bayu menjelaskan si mitra juga akan mendapatkan fasilitas pelatihan dalam meracik teh rossela agar standar yang dihasilkan memiliki cita rasa yang sama. Mengenai harga jual, pihaknya memberikan harga Rp 1100 per cup minuman termasuk teh dan gelasnya. Para mitra boleh menjual secara bebas, namun harga pasaran saat ini mencapai Rp 2500-3000 per gelas teh rosella. “Setiap mitra yang baru buka kita berikan 100 gelas gratis,” katanya.

Mengenai rasa, teh rosella sejatinya memiliki rasa yang sangat asam, namun pencampuran teh rosella dengan gula memberikan citarasa seperti lemon tea.

Rosella Teh Hijau

Bayu
Alamat Kantor
Proyek Senen Blok 1 Lantai 3 No. 16 dan 25, Jakarta Pusat.

Sumber: detik.com

Comments
15 Responses to “Bisnis Minuman Kesehatan Teh Rosella”
  1. ingin merasakan gimana rasa teh rosella:mrgreen:

  2. bisnis wanita mengatakan:

    aku sih emang udah tau teh rosella di luar negeri banyak peminatnya😀 emang enak ya teh rosela? kalo anak muda yang minum gimana? ada pengaruhnya ga?

  3. kalabang mengatakan:

    Ya, tetap aja bermanfaat, apalagi makanan sekarang kebanyakan tidak sehat. Jadi, bagi anak muda berguna untuk pencegahan.

  4. kasminel mengatakan:

    saya bloom pernah coba, pengen nyoba jg sih, thank yaaa

  5. gendisbanyumas mengatakan:

    Kunjungan sore, ada program kemitraan senilai 3,5 juta nett untuk produk gujahe & gulajoss, jika anda berminat bisa email ke info@gujahe-kbm.com atau sms/ tlpn 021 23986886

  6. Aniezt mengatakan:

    .jadi ingin nyoba ngrasain tehnya,he🙂

  7. roderick mengatakan:

    rasa teh rosella agak sedikit asam tapi enak

  8. gendisbanyumas mengatakan:

    Kunjungan pagi, silahkan mampir juga ke site kami minuman herbal berkhasiat gujahe dan gulajoss, ada program kemitraan senilai 35 juta nett, jika anda bermiant silahkan mail ke info@gujahe-kbm.com atau sms/ telpn ke +62-21-23986886

  9. Kelabang's Blog mengatakan:

    Makasih… Sementara ini belum berminat..

  10. sukarwan mengatakan:

    SAYA PETANI ROSELLA MERAH DAN UNGU SIAP SUPLAI ROSELLA DG HARGA 40RB/KG SETIAP SAAT KAMI SIAP MELAYANI ANDA

  11. sukarwan mengatakan:

    087858831027 SIAP MENGIRIM ROSELLA DAN TEH PELANGSING JATI CINA ALAMAT KAMI DI KEDIRI JATIM, Rizky Rosella

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: