Mobil Khusus Orang Buta


MOBIL+BUTA.jpg

Baru-baru ini Para ilmuwan di Amerika Serikat dan National Federation of the Blind (NFB) atau Federasi Tuna Netra Nasional mengembangkan MOBIL khusus orang buta yang rencananya akan di luncurkan di tahun 2011. NFB dan Universitas Virginia Tech menyatakan bahwa mobil ini akan dilengkapi dengan teknologi yang memungkinkan orang buta mengenderai mobil secara mandiri. Perlengkapan yang dipasang termasuk sensor dengan sarung tangan bergetar untuk menunjukkan tikungan jalan. kemudian ada pula rompi yang dapat bergetar untuk memperingatkan pengendara terkait kecepatan, setir yang dilengkapi dengan audio berisi instruksi arah jalan.

Tahun lalu Virginia Tech mengubah mobil kecil yang digunakan di pantai sebagai kendaraan uji coba untuk para pengemudi tunanetra. Mereka menggunakan sensor laser dan kamera yang digunakan sebagai “mata” kendaraan itu. Kendaraan baru yang akan diluncurkan tahun depan merupakan mobil modifikasi Ford Escape, kata NFB. “Kami menjajagi sektor-sektor yang sebelumnya dianggap tidak mungkin untuk dikerjakan,” kata presiden NFB, Marc Maurer.

Ia menambahkan proyek-proyek baru seperti mobil ini dapat mengubah pandangan orang terkait tunanetra. Kami menjajagi sektor-sektor yang sebelumnya dianggap tidak mungkin untuk dikerjakan Marc Maurer “Kita beralih dari teori bahwa kebutaan menghambat kemampuan manusia, menjadi kebutaan memberikan kontribusi kepada masyarakat.” Maurer mengatakan ia mulai mendiskusikan mobil untuk pengendara tunanetra sepuluh tahun lalu. “Sejumlah orang menganggap saya gila,” katanya.

Mobil jenis baru ini akan diuji coba oleh seorang tunanetra di sirkuit balap Daytona di Florida bulan Januari depan. hal ini seperti yang Kalabang’s Blog kutip dari ipoet media.

Sumber: ipoet media

Comments
2 Responses to “Mobil Khusus Orang Buta”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: