Serahkan Foto Hasil Photoshop, Seorang Pria Dihukum 285 Bulan


magician285.jpg

Seorang penipu mencoba melakukan olah digital, alias ‘photoshopping’, untuk merayu hakim. Bukannya dapat keringanan, hukumannya malah jadi tambah berat gara-gara menyerahkan gambar itu sebagai bukti.

Daryl Simon punya reputasi buruk sebagai penipu. Ia terlibat dalam kasus pemalsuan kartu kredit, kepemilikan benda curian dan beberapa kasus lain dari 2006. Kabur dari tuntutan hukum, Simon sempat menyamar sebagai pesulap sebelum akhirnya tertangkap di 2008.

Saat ini, Simon sedang menjalani sidang untuk kasus-kasus penipuannya tersebut. Seperti dikutip detikINET dari DailyTech, Rabu
(28/7/2010), Simon berusaha mengurangi masa hukumannya dari kasus-kasus tersebut. Caranya dengan membuktikan bahwa ia kerap terlibat sebagai sukarelawan di rumah sakit. Kepada hakim bernama Stephen Robinson, Simon menampilkan foto dirinya sedang membantu pasien terapi fisik di rumah sakit. Selain itu ia juga menampilkan dirinya sedang membantu anak-anak sekolah belajar di sekolah.

Tapi apa mau dikata, penuntut menemukan bahwa dalam banyak foto itu pose Simon sebenarnya sama saja. Hanya latar belakangnya yang berubah. Bahkan ada beberapa foto yang nampak dibalik, dari menghadap kiri jadi ke kanan. “Bukti bahwa gambar ini dimasukkan dan dibalik dapat dilihat dengan memperhatikan sebuah detil dari pakaiannya. Detil itu nampak di sisi kiri pada foto di atas, dan ada di sisi kanan pada foto di bawah,” sebut pihak penuntut.

Lebih parah lagi, Simon ternyata juga memalsukan surat dari beberapa organisasi sosial untuk mendukung foto-foto tersebut.
Gara-gara adanya aksi ‘photoshopping’ tersebut, Simon mendapatkan hukuman penjara 285 bulan. Ini lebih berat 50 bulan dari hukuman maksimal yang seharusnya dikenakan padanya. Sang hakim pun menyebut Simon berusaha menipu pengadilan.

Sumber: Master Copas

Comments
2 Responses to “Serahkan Foto Hasil Photoshop, Seorang Pria Dihukum 285 Bulan”
  1. walaah…penipuan besar2an:mrgreen:

  2. rosenrain mengatakan:

    menambah kesalahan di tengah kesalahan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: