Menjamurnya Kuliner Jamur


mister-jamur-300x218.jpg

Semakin tingginya minat masyarakat akan konsumsi jamur, juga memberikan keuntungan bagi para pengusaha kuliner jamur. Jamur konsumsi seperti jamur tiram kini telah dapat diolah menjadi berbagai macam menu kuliner. Misalnya saja diolah menjadi jamur crispy, sate jamur, tongseng jamur, sup jamur, pepes jamur, dendeng jamur, abon jamur, nugget jamur, juga kripik jamur.

Banyaknya menu kuliner jamur yang diminati konsumen saat ini, telah menjadikan bisnis kuliner jamur sebagai peluang usaha baru di bidang kuliner.

Konsumen bisnis kuliner jamur cukup luas, apalagi bagi vegetarian. Adapun hambatan para pelaku bisnis kuliner jamur biasanya kurangnya persediaan jamur yang digunakan sebagai bahan baku utama. Karena tidak semua daerah memiliki tempat budidaya jamur. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah banyaknya pesaing yang ada dalam bisnis kuliner jamur, sehingga kita harus memiliki konsep bisnis serta strategi pemasaran yang berbeda dengan yang sudah ada.

Dalam menjalankan bisnis kuliner jamur hal penting yang harus dipikirkan selain tempat usaha yang strategis, adalah menciptakan sajian unik berbahan jamur dengan kualitas rasa yang lezat. Sehingga dapat membuat konsumen merasa puas dengan menu masakan jamur yang Anda sajikan. Jangan pernah lelah juga untuk selalu menciptakan menu agar para konsumen tidak cepat bosan berkunjung di restoran Anda.

Selain menyajikan berbagai macam kuliner jamur, menjalankan usaha budidaya jamur juga dapat dijadikan sebagai salah satu pendukung bisnis kuliner ini. Dengan budidaya jamur yang dimiliki, dapat mengatasi masalah persediaan jamur yang sering langka. Sehingga bisnis kuliner Anda tidak terhambat, jika persediaan bahan dari supplier jamur tidak mencukupi. Hal itu juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan strategi pemasaran usaha kuliner jamur yang Anda miliki. Selagi menunggu pesanan menu jamur yang dipesan datang, konsumen juga bisa menikmati langsung budidaya jamur yang mereka konsumsi.

Tiga faktor penting yang mempengaruhi hasil panen jamur antara lain, yang pertama memilih bibit yang berkualitas. Yang kedua proses pembuatan baglog dengan sterilisasi yang cukup dan komposisi campuran yang baik, agar mieslium dapat tumbuh dengan baik serta tidak terganggu serangga ataupun jamur lain. Dan yang terakhir yaitu suhu di dalam kubung yang seimbang, sehingga jamur dapat menghasilkan panen yang maksimal.

Cukup mudah bukan???? Bagi pencari usaha, mungkin peluang bisnis jamur dapat dicoba. Sukses selalu untuk usaha Anda.

Resep Jamur Crispy
Bahan-bahan :
Satu bungkus Jamur Tiram segar (sekitar 2ons)
1 Butir telur (utuh/kuning & putih)
Garam
Penyedap Rasa
100 gr Tepung Terigu
50 gr Tepung Maizena
2 gr Baking Powder

Cara Membuat :
1. Bersihkan jamur segar dari kotoran. Iris -iris memanjang.
2. Letakkan irisan jamur ke dalam wadah, siram dengan air panas, aduk2 sebentar.
3. Tiriskan jamur tiram, sedikit tekan/peras, hingga air berkurang.
4. Kocok lepas telur ayam, beri garam & penyedap rasa, rasa disesuaikan selera masing-masing. Kocok hingga garam larut.
5. Celupkan jamur ke dalam kocokan telur, lumuri rata.
6. Masukkan celupan jamur tadi ke dalam adonan tepung, aduk-aduk dengan diremas2 hingga tepung menempel sempurna pada jamur.
7. Panaskan api hingga sedang saja, jangan terlalu panas, goreng jamur bertepung hingga kering sempurna, angkat tiriskan, siap disajikan dengan aneka topping/taburan.

Sumber: Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: