Menkop Beri KUR Empat Mahasiswa


menkop_ukm_bisa_sumbang_65_persen_pdb_14007.jpeg
http://www.seputarforex.com

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Sjarifuddin Hasan memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada empat mahasiswa berprestasi dari Universitas Tujuhbelas Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Sabtu. “KUR untuk empat mahasiswa berprestasi itu hanya `pilot project` saya untuk mahasiswa Untag lainnya, supaya tertarik menjadikan ijazah sebagai agunan kepada kami untuk menjadi wirausahawan pemula,” katanya.

Di hadapan 540 wisudawan Untag Surabaya, Menkop meminta empat mahasiswa Untag berprestasi untuk maju menerima KUR yakni M Farizzar Andrijasa, Rohana Handaningrum, Muhammad Firdaus, dan Pudji Astuti. “Saya sendiri yakin arek-arek Suroboyo bisa menjadi wirausahawan pemula, apalagi saya sudah menyaksikan MoU Untag dengan PT Telkom dan Dinas Koperasi (Diskop) Jatim untuk mewujudkan klinik UKM,” ucapnya.

Menurut dia, peluang menjadi wirausahawan itu cukup terbuka, karena perekonomian Indonesia sudah mencapai enam persen lebih dan akhir 2014 diharapkan mencapai 7,7 persen. “Yang agak susah itu mengubah `mindset` sarjana, dari sarjana pencari kerja ke sarjana pencipta kerja. Tapi peluang untuk itu sangat terbuka. Pengamat asing meramalkan perekonomian Indonesia akan diperhitungkan pada 2015. Kita hanya kalah dari China dan India,” paparnya.

Apalagi, katanya, 230 juta penduduk merupakan “market share” di tingkat regional, kemudian sumberdaya manusia (SDM) untuk kelas menengah ke bawah juga cukup mumpuni, tanpa tingkat teknologi yang terlalu canggih. “Kalau Untag menjadi pioner untuk wirausahawan pemula itu bukan teori. Ijazah bisa dijadikan agunan ke Dinas Koperasi dan kalau kebutuhannya besar, tentu proposal bisa diajukan ke Kementerian Koperasi,” tuturnya.

Namun, katanya, sarjana yang tertarik harus mengajukan proposal berisi studi kelayakan dan uang yang dipakai harus dikembalikan dengan bunga rendah. “Itu hanya langkah awal, tapi kalau usahanya berkembang akan ada dua langkah lagi yakni minta KUR sebagai modal tambahan. Kami menyiapkan Rp20 triliun untuk KUR pada setiap tahun atau Rp100 triliun dalam lima tahun,” ujarnya menjelaskan.

Ia menambahkan bila usaha itu berkembang terus maka langkah ketiga adalah minta modal dari skema pembiayaan komersil. “Saya sudah keliling ke 15 kampus dan umumnya ada 30 persen mahasiswa setempat yang tertarik, lalu kami seleksi. Sekarang, kami sudah menyiapkan seribu sarjana pengusaha pemula. Mereka sedang orientasi,” katanya.

Setelah memberikan orasi di hadapan 540 sarjana, Menkop meresmikan Klinik Wirausaha di lantai 1 Rektorat Untag Surabaya.

Sumber: Online Bhirawa

Comments
2 Responses to “Menkop Beri KUR Empat Mahasiswa”
  1. fe mengatakan:

    apakah ada KUR untuk mahasiswa yang sedang kuliah?

  2. Kelabang's Blog mengatakan:

    Entahlah, tak tahu, udah tidak mengikuti perkembangan terakhir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: