Selamat Tinggal US Dollar ! 1 US $=Rp 1,-


us-dollar-bills-150x150.jpg

Dominasi uang dollar di seluruh dunia akan berakhir! Di masa depan uang dollar Amerika tidak akan menjadi alat utama pembayaran di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dominasi dollar AS sebagai alat pembayaran utama berakhir, menyusul bangkrutnya ekonomi Amerika Serikat dan masa depan uang dollar AS sebagai mata uang utama dunia yang semakin tak jelas.

Dimasa depan, diharapkan setiap negara berhak untuk menetapkan nilai mata uangnya sendiri, setelah berakhirnya dominasi mata uang dollar Amerika Serikat. Misalnya, pemerintah Indonesia bersama DPR RI dapat menetapkan (mematok/peg) nilai dollar AS terhadap rupiah hanya Rp 1,00 rupiah (1 $ US=Rp 1,-) . Dengan cara pematokan ini, maka utang luar negeri Idonesia sebesar Rp 1.800 triluan dapat dibayar seluruhnya.

Surat Kabar Inggris The Independent melaporkan, Selasa (6/10) negara-negara Arab telah melakukan langkah rahasia bersama China dan Rusia, guna menghentikan penggunaan dollar AS bagi perdagangan minyak. Akibat berita itu, mata uang kuat sperti Euro langsung turun. Namun, harga emas meroket tiba-tiba hingga mencapai 1.043,78 dollar AS per ounce. Logam mulia, sering menjadi alternatif investasi ketika mata uang kuat
melemah.

Seperti diketahui, dunia telah menyerukan agar tidak tergantung pada dollar Amerika. Seruan itu telah berkali-kali dikumandangkan, tapi tetap saja dollar Amerika Serikat dijadikan patokan utama bagi penyusunan anggaran belanja negara
(APBN) di tiap negara, termasuk Indonesia.

Hanya Bung Karno yang secara jenius dan berani mematok (menentukan) nilai rupiah yang demikian tinggi terhadap dollar Amerika Serikat, sehingga pada awal kemerdekaan Republik Indonesia (RI) nilai Rp 1,- (satu rupiah) setara dengan lima gram emas (ingat lima sila Pancasila). Dengan demikian, nilai emas lima gram berarti nilainya saat ini Rp 1 juta rupiah, jika satu gram emas harganya Rp 200.000. Itu berarti, Rp 1=100 Us Dollar AS saat ini (kurs 1 dollar AS= Rp 10.000,-) Sikap Bung Karno itu ditiru Perdana Malaysia Mahathir Muhahmmad yang berani mematok kurs uang dollar AS terhadap ringgit Malaysia.

Penguasa Indonesia setelah Soekarno tidak berkuasa, mengikuti alur dominasi AS di seluruh dunia, sehingga dibiarkan saja kurs mata uang dollar AS liar ‘’menjajah’’ ekonomi Indonesia. Penguasa Indonesia, berada di bawah ketiak AS dan takut melawan hegemoni AS. Akibat selisih kurs yang demikian besar, maka bangsa Indonesia tak mampu lagi membayar hutang dan tak mampu menyekolahkan putra-putri terbaik Indonesia ke luar negeri.

Akibat selisih kurs US dollar terhadap rupiah yang keterluan ditentukan para mafia keuangan Amerika Serikat, hal itu membuat bangsa ini menjadi miskin dan tak berdaya. Hal itu, berbeda dengan Malaysia yang ekonominya lebih maju dibanding Indonesia, karena PM Malaysia berani mematok ringgit Malaysia terhadap dollar Amerika.

Upaya Indonesia mengikuti langkah Mahathir yang akan mematok uang rupiah terhadap dollar di masa krisis ekonomi jaman Orde Baru, ternyata hanya sebatas wacana saja, sebab ternyata AS ”mengancam” akan mengirim armada angkatan perangnya ke Indonesia, jika langkah pematokan itu dilakukan Soeharto. Namun, Mahathir tidak takut menghadapi AS!

Mata Uang SE-ASEAN
Idealnya, mata uang se-ASEAN ditetapkan dalam waktu dekat, sehingga nilai mata uang regional ASEAN dapat mengimbangi dominasi dollar AS. Sayang, karena egoisme pemimpin negara ASEAN, mata uang bersama se-Asia Tenggara tidak pernah diwujudkan, bahkan tak pernah ada ide di kalangan anggota ASEAN guna merealisasikannya.

Indonesia, pantas melontarkan ide pertama kali, guna membentuk mata uang se-ASEAN, mengingat Eropa telah membentuk mata uang Euro. ASEAN dapat membentuk mata uang ASEAN dollar dengan kurs 1 dollar ASEAN=US $ 3 dollar.

The Independent melaporkan, negara-negara Arab akan membentuk mata uang yang terdiri atas sekumpulan mata uang seperti yen, yuan, euro, emas dan mata uang bersama untuk negara yang tergabung dalam Dewan Kerja Sama Teluk, termasuk Arab Saudi, Abu Dhabi, Kuwait dan Qatar.

Dana Moneter Internasional (IMF) menggunakan mata uang Special Drawing Right yang terdiri atas yen, dollar AS dan euro. ASEAN juga sebenarnya dapat menggunakan mata uang sendiri sekawasan ASEAN. Hal itu dapat diputuskan dalam konfrensi tingkat tinggi menteri-menteri keuangan se-ASEAN atau dapat pula diputuskan oleh para penguasa se-ASEAN.

Sejauh ini, China merupakan salah satu pemegang asset berdominasi dollar AS terbesar. Bank Central China banyak membeli obligasi pemerintah AS. China juga telah berupaya memperluas penggunaan mata uangnya dengan menerbitkan obligasi yuan pertama di luar daratan China bulan ini.

PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) sendiri sudah menyerukan, agar dibentuk satu mata global, guna mengakhiri denominasi dollar AS. Keistimewaan dollar AS, berpuluh-puluh tahun didambakan dunia, juga merupakan salah satu penyebab membengkaknya defisit perdagangan AS, sehingga ekonomi AS bangkrut saat ini! (AP/S-1/09)

Sumber: politisi-indonesia.com

Comments
16 Responses to “Selamat Tinggal US Dollar ! 1 US $=Rp 1,-”
  1. milimeterst mengatakan:

    Malay berani pake prinsip Bung KARNO.. ko Indonesia.. ngga beraniya..
    Pada Tidur kali ya ….pejabat nya..

  2. indahkasihku mengatakan:

    Hai Kelabang… Apa khabar ?

    Indah mengakui keberanian Bung Karno selalu menggugat AS dan beliau antara pemimpin Asia yang ditakuti As selain Mahathir. Kedua2 pemimpin Asia ini mempunyai kekuatan peribadi kepimpinan yang cukup menyerlah di mata dunia.

    Keberanian Mahathir menggunakan Ringgit Malaysia menggantikan US telah membawa satu nafas baru dalam ekonomi Malaysia. Mahathir cukup berani mengambil segala risiko yang kelihatan membimbangkan rakyat Malaysia ketika itu, tetapi ia hanya sekadar ugutan AS tanpa tindakan. Mudahan Indonesia juga mengambil langkah yang sama bagi mengukuhkan ekonomi negaranya.

    Salam keindahan dan selamat berpuasa.

    • Kelabang's Blog mengatakan:

      Salam berpuasa juga sobat..
      Indonesia, harus diakui, sebenarnya sampai hari ini masih terjajah, karena naiknya Soeharto atas bantuan AS. Dan kurasa AS masih mengendalikan orang2 penting di Indonesia.

  3. kanvasmaya mengatakan:

    indonesia.. dimana langkahmu??

  4. Kelabang's Blog mengatakan:

    Entahlah, semoga Indonesia makin maju..

  5. susiloadysaputro mengatakan:

    selesaikan dulu ni wacana redenominasi, jadi atau nggak..

    Maju terus Indonesia..

  6. SITI FATIMAH AHMAD mengatakan:

    Assalaamu’alaikum Kelabang.

    Pemimpin harus berani membawa negaranya kepada pembangunan yang jitu dan mantap. Saya cukup mengkagumi pimpinan Bapak Sukarno terutama pidato-pidato beliau yang sangat bersemangat dan selalu menggegarkan dada-dada sombong AS. Malahan menurut sejarah melalui bacaan saya, beliau pernah menundukkan seorang agen perisik AS (wanita) yang coba mahu menjatuhkan kepimpinan beliau tetapi dapat menunduk agen tersebut dengan gaya kepemimpinan yang berwibawa secara lembut.

    Ternyata negara Indonesia mempunyai pemimpin yang sentiasa diingati sepanjang zaman dengan kepimpinan yang tiada taranya seperti Malaysia pernah memiliki Dr. Mahathir Mohamad yang sampai kini, buah fikirannya masih diperlukan untuk pembangunan Malaysia dan beliau diberi gelar sebagai Bapa Kemodenan Malaysia.

    Semoga Indonesia akan maju dan membangun ekonominya dengan keruntuhan mata wang USD.
    Salam mesra dari Sarawak.

  7. Prinsip kemandirian ekonomi Indonesia yang dijaga mati-matian Bung Karno, oleh Jenderal Suharto dihabisi dengan menjadikan Indonesia sebagai negara yang sangat tergantung pada Barat sebagai kekuatan kapitalis dunia.

  8. alee mengatakan:

    Harus bersatu, mulai atas sampai bwh.Klo perlu wamil agar bngsa Indonesia terbiasa disiplin,padahal jendral Inggris aja mati dg pasukan yg hanya pake bambu.Pasukan elite jg hebat tinggal pemimpinnya yg tegas.

  9. Aji asmad mengatakan:

    Setuju dng wacana kawan 2 semua…para pimpinan masih bnyak yang pentingkan diri sendiri d bnding kpentingan bangsa…indonesia pasti bisa..

  10. akhmad permana mengatakan:

    Melihat kondisi bangsa dan negara ini sekarang saya merasa ” prihatin ” , semoga pemimpin bangsa Indonesia dimasa depan (hasil pemilu 2014 dst) menjadi pemimpin yang tegas dan berkomtmen dan berani ” membusungkan dada” SAYA PEMIMPIN BANGSA INDONESIA YANG BESAR !!! TIDAK MENJILAT BANGSA MANAPUN , tidak lemah, letih, dan lesu dan .dan ragu ragu melulu .amin amin amin YRA.

    • Anonim mengatakan:

      kita sebagai negara serumpun a.k.a Asean mestilah bersatu jika mahu lihat negara masing-masing maju

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: