Dahlan Iskan Nyari 5000 Pasukan Berani Mati! Lho…


Andina Meryani – Okezone

medium_vbVunYiBX8.jpg
Dirut PLN Dahlan Iskan. Foto: Koran SI

JAKARTA – Direktur Utama PT PLN (Persero) Dahlan Iskan sedang pusing mencari sekira seribu tenaga kerja baru yang disebutnya pasukan berani mati untuk ditempatkan di Jakarta atau sekira lima ribu tenaga kerja untuk wilayah pulau Jawa. Wah, ada apa? Mengapa Dahlan menyebutnya sebagai pasukan berani mati?

Usut punya usut, ternyata saat ini, kebijakan PLN untuk melakukan pemeliharaan jaringan yang terkadang berakibat pada pemadaman sudah sulit ditolerir oleh masyarakat. Untuk itu dia menargetkan bagaimana PLN bisa melakukan pemeliharaan jaringan tanpa mematikan setrumnya sama sekali.
“Di Jakarta saja mungkin diperlukan seribu orang dengan kualifikasi seperti ini. Mereka akan dibagi dalam 200 kelompok atau regu, masing-masing lima orang. Se-Jawa berarti perlu sekira 5.000 orang. Alangkah rumitnya rekrutmennya, pendidikannya, pelatihannya dan penyiapan alat-alatnya. Mereka inilah pasukan berani matinya PLN ke depan. Berani melakukan pekerjaan pemeliharaan jaringan ketika jaringan itu dalam keadaan sedang mengalir listriknya,” ungkap Dahlan sebagaimana dikutip dari situs resmi PLN, di Jakarta, Senin (23/8/2010).

Hanya saja, menurut Dahlan, target yang satu ini tidak bisa dilakukan dalam hitungan minggu. Dengan kerja yang luar biasa keras pun mungkin perlu waktu sampai satu tahun. Konsep yang dipersiapkan adalah PDKB (Pemeliharaan Dalam Keadaan Bertegangan).

Untuk bisa melaksanakan konsep ini, memang harus disusun perencanaannya, salah satunya soal anggaran yang mulai 2011 mendatang sudah dimasukkan. “Yang lebih sistematis dan rapi. Bahkan harus disiapkan orang-orang yang bukan hanya memiliki ketrampilan istimewa, namun juga kejiawaan yang khusus,” katanya. Berarti harus mental baja dong, sekalian kalau ada yang berbadan baja tuh.

Menurutnya, inilah yang menyebabkan target yang satu ini tidak boleh dilakukan terburu-buru: harus dicari dulu orang-orang yang memiliki ketrampilan dan kejiwaan tertentu itu, harus dididik dan dilatih, dan harus dilengkapi peralatan anti-setrumnya.
“Akan ada rekruitmen, pendidikan, latihan, dan menganggaran. Itulah sebabnya dalam anggaran 2011 soal ini harus dimasukkan,” jelasnya. (ade)

Comments
25 Responses to “Dahlan Iskan Nyari 5000 Pasukan Berani Mati! Lho…”
  1. milimeterst mengatakan:

    Bravo buat Andina Meryani…..
    Tapi honornya berapa ya ??

  2. orange float mengatakan:

    ngeri ah, sangat beresiko salah dikit aja bisa-bisa mati kesetrum:mrgreen:

  3. alief mengatakan:

    dengan kondisi jaringan yang seperti sekarang ini, perkiraanku dalam waktu setahun, jumlah yang seribu orang di jakarta itu akan mati setidaknya setengahnya.orang jaringanya ajah masih sangat ruwet kayak gitu kok

  4. pelintas batas mengatakan:

    ogah ah…, masih pengen ngrasain nikmat susahnya nikah……

  5. kawanlama95 mengatakan:

    wah kita sambut baik, semoga ini bisa terwujud amien. wah banyak lowongan pekerjaan tuh.ayo persiapan diri kasih informasi ke tetangga kawan,saudara bahwa pln bentar lagi ada lowongan baru. mau itikaf silahkan baca di http://kawanlama95.wordpress.com/2010/08/25/itikaf-10-hari-terakhir/

  6. SITI FATIMAH AHMAD mengatakan:

    Salam Kelabang… Bagi saya, seruan itu satu ajakan yang bagus bagi mengurangkan penggangguran yang mungkin sedang berlaku. Pemilihannya pula seharusnya jangan terburu-buru agar latihan dan pendidikan yang bakal diserap menjadikan pekerjaan itu satu bidang pekerjaab yang mantap.

    Semangat harus ditingkat dan berani membuat perubahan akan menghasilkan kehebatan yang tak terduga. Salam mesra selalu.

  7. ImRoée mengatakan:

    Sulit dipercaya Jurnalist jadi DirUt PLN, jangan2 PLN itu sudah di penuhi orang2 sastra.

  8. semoga ke depan PLN lebih baik.

  9. Denuzz BURUNG HANTU mengatakan:

    bang dahlan keren ya…?
    semoga PLN Indonesia gak ngecewain lagi …

    salam akrab dari burung hantu …

  10. susiloadysaputro mengatakan:

    wah..aspek keselamatan kerjanya gmn tuh??

  11. info solo mengatakan:

    berarti kudu nyari manusia setrum tuh…

  12. z4nx mengatakan:

    untuk yang satu ini, PLN nunjukkin tanggungjawab nya..dan pihak2 terkait perlu menyiapkan alat2 yang mendukung para pekerja tsb, biar gak mati konyol

  13. Andri mengatakan:

    Tanxz all tentang PLN, saya sebagai pegswai PLN yg ditatik jadi pasukan berani mati sangat bangga
    Safety … Safety … Safety … YES

    Itu moto kamii

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: