Bisnis Agen Rumah Aqiqah


Oleh: Suhendra
mstory-aqiqah-dalam.jpg

Jakarta, Bagi kaum muslim istilah aqiqah sudah tak asing lagi. Aqiqah merupakan sunah orang tua untuk menyembelih hewan bagi anaknya yang baru lahir, sebagai wujud tanda syukur kepada tuhan atas kelahiran anak.

Nah, sekarang ini banyak bermunculan paket penyedian layanan aqiqah secara praktis yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan yang menyediakan hewan potong (kambing). Tak jarang perusahaan tersebut membuka konsep kerjasama keagenan bagi yang berminat untuk menjadi tenaga informasi calon pelanggan.

Salah satunya adalah rumahaqiqah di bawah naungan PT Citra Niaga Abadi, sebuah perusahaan peternakan terpadu dari hulu-hilir yang berada di Bandung. Program Development Manager rumahaqiqah, Branata mengatakan pihaknya memberikan kesempatan kepada semua orang untuk menjadi agen. Syarat untuk menjadi agen pun syaratnya sangat mudah. Para agen akan diberikan fee agen dengan besaran yang lumayan dari Rp 50.000-100.000 per customer atau calon pelanggan.

Ia mengatakan setidaknya ada tiga cara bagi calon agen yang ingin bergabung, sejak program ini dimulai 2009 lalu ada beberapa cara yaitu pertama mendaftar melalui email: welcome@rumahaqiqah.org.
Cara kedua calon agen bisa menghubungi SMS center di 0817 274 724 ketik reg#agenaqiqah#nama#kota agen#nama bank#no.rekening. Terakhir langsung datang ke kantor cabang rumahaqiqah terdekat. “Agen berperan sebagai pihak ketiga, sebagai sumber informasi penjualan, lalu daftar agen hanya memberi tahu sebagai pusat informasi calon customer,” kata Branata kepada detikFinance, Rabu (11/8/2010).

Ia mengatakan rumah aqiqah sudah berdiri sejak tahun 2003 yang memiliki cabang di 13 kota di Jawa dan Sumatera seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Semarang, Jogjakarta, Solo, Cilegon, Medan, Padang, Pekan Baru, Palembang, Lampung dan lain-lain. “Memang saat ini penjualan kita rata-rata 500 ekor per bulan. Kontribusi agen masih belum maksimal,” katanya.

Pihaknya saat ini menyediakan 3 paket pilihan aqiqah yaitu paket ekonomi Rp 750.000 per ekor kambing, fee agen akan mendapat Rp 50.000, paket standar Rp 1 juta fee agen sebesar Rp 70.000 dan paket istimewa Rp 1,25 juta, fee agen sebesar Rp 100.000. “Pasar yang kami kejar adalah para masyarakat yang ingin praktis dalam menjalankan aqiqah, khususnya kelas menengah ke atas,” katanya.

Menurutnya, bagi agen rumahaqiqah akan sangat mudah mendapat calon pelanggan mulai dari kerabat, teman, kenalan, bahkan di rumah-rumah sakit bersalin menjadi pasar yang menggiurkan bagi pasar aqiqah. “Agen punya keuntungan hanya memberikan informasi, sudah mendapat pendapatan tambahan dengan mudah dan cepat,” katanya.

Branata menuturkan misalnya seoarang agen yang mendaftar melalui SMS, maka setiap ada permintaan dari calon keluarga yang akan melaksanakan aqiqah, maka si agen hanya tinggal meng-SMS ke SMS center yaitu ketik ref#agenaqiqah#kota#nama customer#no. telp customer. Jika si agen sudah berhasil mendapatkan customer maka si agen bisa melakukan klaim fee yaitu dengan mengetik: klaim#agenaqiqah#kota agen#nama customer#no telp customer#jumlah hewan. Pembayaran fee agen akan diberikan atau transfer setelah customer membayar transaksi aqiqah.

Bagi anda yang memang punya semangat bisnis, apa salahnya mencoba bisnis keagenan ini. Selain mudah caranya, juga pasar dari permintaan aqiqah cukup besar di Indonesia. Hanya tinggal semangat dan kemauan dari anda.
Selamat mencoba….

Sumber: Detik.com

Comments
7 Responses to “Bisnis Agen Rumah Aqiqah”
  1. Usup Supriyadi mengatakan:

    wah, sebuah kemudahan nih. o ya, tahu info dimana bisa saya mendapatkan ayam mutiara nggak?
    saya tertarik untuk memeliharanya. kalau punya infonya mohon dikirimkan ke email saya ya…. makasih…

  2. Fir'aun NgebLoG mengatakan:

    informasi yang menarik!
    Met sukses dech buat bisnisnya😀

  3. jadi agen-nya pakai modal nggak ya…

  4. hasyim. bolang mengatakan:

    Bagaimana tehniknya untuk kustomer wilayah cirebn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: