Kemitraan Bimbingan Belajar AyoPintar!


Rumus Raih Rupiah dari Lembaga
Kursus

Bekal pendidikan bagi masa depan si buah hati merupakan hal utama yang harus dipersiapkan para orangtua. Mereka tidak akan sungkan merogoh koceknya dalam-dalam demi memenuhi kebutuhan pendidikan anaknya sejak usia dini.

Namun, membekali anak dengan ilmu dari lembaga formal seperti sekolah, rasanya, belumlah cukup. Belakangan ini, para orangtua merasa perlu menambah asupan pendidikan bagi anak-anaknya di berbagai lembaga kursus informal, seperti les bahasa Inggris, les komputer, hingga bimbingan belajar tambahan mata pelajaran dari sekolah.

Oleh karena itu, kini banyak pemodal yang terjun ke bisnis bimbingan belajar. Salah satunya adalah Dedy Purwanto yang pada tahun 2009 membuka usaha bimbel bertajuk AyoPinter!. Bendera usahanya adalah CV Purwadira yang berlokasi di Kelapa Gading, Jakarta.

Bimbel ini memiliki tiga fasilitas yaitu bimbingan belajar mata pelajaran sekolah, kursus bahasa Inggris, dan kursus komputer. Usaha ini menyediakan layanan pendidik untuk jenjang usia playgroup hingga kalangan dewasa. Pengelola bimbel AyoPinter! mengklaim, sistem dan konsep pembelajaran di lembaganya telah teruji dan sesuai kurikulum di sekolah formal. Dengan sistem seperti itu, bimbel AyoPinter! mendapat sambutan positif dari pasar.

Untuk melebarkan sayap bisnisnya, mulai tahun ini pengelola bimbel AyoPinter! menawarkan konsep kemitraan kepada masyarakat yang berminat terjun ke bisnis ini.

Ada tiga jenis paket kemitraan yang ditawarkan AyoPinter!.
Pertama, Paket Standar dengan nilai investasi Rp 14,9 juta.
Kedua, Paket Silver bernilai investasi Rp 54,9 juta.
Ketiga, Paket Platinum seharga Rp 155 juta. Tentu saja, kelengkapan fasilitas ketiga paket ini disesuaikan dengan harga investasinya.

Pada Paket Standar, misalnya, mitra hanya mendapatkan fasilitas modul dan alat tulis kantor, media promosi, pelatihan, dan renovasi tempat. Adapun Paket Silver terdapat tambahan perlengkapan, seperti komputer/laptop dan seragam karyawan sebanyak lima setel. Jika memilih Paket Platimum, maka mitra mendapatkan peralatan dan perlengkapan yang lebih lengkap dari Paket Silver. Selain itu, mitra memperoleh hak sebagai master kemitraan di kota tempat bimbel itu berdiri. “Mitra boleh menjaring mitra lain di daerah itu,” kata Sri Irdayati, Managing Director AyoPinter!.

Namun, biaya investasi awal tersebut belum termasuk biaya sewa tempat, kirim peralatan, survei, dan akomodasi pelatih yang ditanggung oleh calon mitra. Mitra juga wajib membayar biaya royalti 10 persen dari omzet. Royalti ini dibayar pada bulan kedua setelah operasi.

Pemasukan mitra bimbel AyoPinter! didapat dari pendaftaran murid baru dan biaya kursus setiap bulan. Biaya pendaftaran di bimbel ini sebesar Rp 100.000 per orang. Sementara itu, biaya semua kursus Rp 129.000 untuk satu periode selama sebulan. “Kami ingin membuat sebuah lembaga kursus yang bisa masuk ke semua kalangan dengan harga yang terjangkau,” ujar Sri.

Ketua Dewan Pengarah Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia Amir Karamoy menilai, pemain di bidang pendidikan seperti bimbel sudah terlalu banyak di Indonesia. Namun, agar masyarakat tetap berminat menjalin kemitraan, bimbel AyoPinter! harus memiliki keistimewaan dari bimbel lainnya. Misalnya, metode pengajaran yang baru atau keunggulan dalam hal kurikulum. “Mitra harus mencari tahu hal itu terlebih dahulu sebelum menjalankan kemitraan ini,” kata Amir.

Comments
25 Responses to “Kemitraan Bimbingan Belajar AyoPintar!”
  1. z4nx mengatakan:

    sebuah prestasi yang di nilai dari angka, membuat bimbel jadi peluang usaha menggiurkan.
    mungkin ‘ayopinter’ bisa jadi sebesar ‘primagama’ misalnya.
    salam hangat blogger meranti..
    selamat berkarya..

  2. ysalma mengatakan:

    semoga AyoPinter lebih menekankan kepada pendidikannya..

  3. Kelabang's Blog mengatakan:

    Ya semoga saja, biar pendidikan Indonesia makin maju dan berjaya.

  4. Mas Zulfa, ikutan nge-vote bannernya si Preman Kabur, yuk…… pleaseee…….
    MY OPERA

  5. fitr4y mengatakan:

    Semoga anak Indonesia makin pinter dan kreatif ..

    Salam

  6. Fir'aun NgebLoG mengatakan:

    semoga generasi bangsa kita bisa lebih maju….😀

  7. Kangus mengatakan:

    saya pribadi juga berencana membuat LBB. didesa saya memang belum ada, dan ini hanya sebagia upaya mencerdaskan bangsa. hanya saja, saya masih menanti sahbat saya memberikan persetujuan, karena saya tidak ingin jalan sendiri…

  8. Kelabang's Blog mengatakan:

    Wah..
    Bagus sob, semoga aja berhasil..

  9. Saipuddin mengatakan:

    sekarang ini lembaga informal sangat dibutuhkan. Sebagai penunjang pelajaran Sekolah. Peluang usaha yang menggiurkan.
    Sambil promosi yea…

  10. Kelabang's Blog mengatakan:

    Gak koq sob, cuma ngasih informasi aja..

  11. wahyu nurudin mengatakan:

    kerja sama bikin bimbel nih.

  12. Mustaghfirin mengatakan:

    Semoga AyoPinter Suksess…

  13. Dedy Purwanto mengatakan:

    Saya dari ayopinter.com. Terima kasih atas dukungannya. Mohon doanya agar kami dapat mewujudkan visi kami (cerdas dalam mencerdaskan anak Indonesia).

  14. Dedy Purwanto mengatakan:

    AyoPinter sangat terbuka untuk berdiskusi. Boleh menghubungi Purel kami , Irda di 02168563944. Salam sukses. Salam Pinter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: